mata kadang enggan berteman..


Insomnia atau Susah Tidur , sekarang menjadi penyakit yang sangat sering dijumpai
dan ternyata saya juga terkena penyakit ini
sebenernya ini bukan penyakit sih ..
kata dokter saya ini cuma GEJALA ..
tapi gejalanya ituuuu..
gejala karena adanya permasalahan psikologis..
karna itu saya cepet" ke dokter buat meriksain ini penyakit ..
katanya "untung blom parah"
dari dokter itu saya dikasih 16 butir obat tidur ( 3x1 )
obatnya manjur ! sebelumnya saya gak bisa tidur 2 hari 2 malem ..
dan waktu siangnya gak ngerasa ngantuk sama sekali ..
tapi malam itu ( 3 maret 2010 ) saya tertidur pulaas sekali ditangah"hujan lebat, hehe.

hm ..
ini saya ceritakan sedikit tentang INSOMNIA deh ..
insomnia itu gejala kelainan waktu tidur kaya susah banget buat tidur atau mau tidur tapi tuh mata gak bisa kompromi ( menyebalkan bukan !? )
gejala ini BIASAnya waktu kita bangun ada gangguan fungsional kaya ngantuk , gak konsen , dan lain lain :O

disini , medis sama psikologis diperlukan . salah satunya terapi psikologis yang efektif yaitu terapi kognitif , di terapi itu kita ( sebagai pasien insomnia ) diajarin buat benerin kebiasan tidur sama ngilangin asumsi yang kontra-produktif soal tidur ..

rata" penderita insomnia tergantung banget sama obat tidur ato obat penenang biar bisa istirahat ( seperti saya gini deh ) ..
semua obat sedatif punya potensi buat nyebab'in ketergantungan psikologis bahwa "tidak bisa tidur tanpa obat"an tersebut"


pernah denger , ada survei gitu di Amerika ..

katanya kalo kita tidur skitar 7 jam per-malem , kita punya tingkat kematian rendah ( amien )

kebalikannya kalo kita tisur kurang dari 6 jam ato lebih dari 8 jam , tingkat kematian kita TINGGI sekali, ini bisa ningkatin angka kematian sebesar 15%

abis ngontrol durasi tidur sama insomnia , make pil tidur juga ada kaitannya sama peningkatan angka kematian..


mengerikan atau menakutkan ini ? hmmm..

makanya mulai dari kecil jangan suka begadang ..

jadinya kaya gini deh ..

salah dikit ningkatin angka kematian , huhu..



0 komentar: (+add yours?)

Posting Komentar